Selasa, 08 Maret 2016

Penerapan Kesebangunan Dalam Kehidupan Sehari-Hari

 

Penerapan Kesebangunan Dalam Kehidupan Sehari-Hari
Makalah Ini Disusun untuk Memenuhi Tugas Mata Kuliah
Matematika 3

Dosen pengampu :
Kurnia Hidayati, M.Pd

 


Disusun oleh :
Amaro Nissa Nurjanah             (210614115)


PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH
JURUSAN TARBIYAH
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI
(STAIN) PONOROGO
                                                                     Maret, 2016




Kata Pengantar
Assalamu’alaikum Wr. Wb.
            Segala puji bagi Allah Swt atas petunjuk dan kekuatan yang diberikan kepada saya untuk membuat makalah ini. Shalawat serta salam tetap terlimpahkan kepada junjungan kita yakni Nabi Muhammad Saw yang telah membawa umatnya menuju jaman sekarang ini.
            Makalah ini diajukan sebagai tugas mata kuliah Matematika 3, adapun judul makalah yaitu Penerapan Kesebangunan dalam Kehidupan Sehari-hari. Penulis menyadari banyak kekurangan dalam penyusunan makalah ini. Namun, penulis berharap semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi penulis khususnya dan pembaca pada umumnya.
Wassalamu’alaikum Wr. Wb.





Ponorogo, 5 Maret 2016


                                                                                                                       
                                                                                                                        Penyusun




                                                                         BAB I
PENDAHULUAN

    A.    Latar Belakang
Membandingkan dua benda secara geometris dapat dilihat dari dua aspek, yaitu bentuk dan ukurannya. Satu benda yang memiliki bentuk yang sama tapi dengan ukuran yang berbeda banyak dijumpai atau digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya, miniatur bangunan dan bangunan itu sendiri, peta suatu daerah dengan daerah sesungguhnya dan lain-lain.
Dua benda yang memiliki bentuk yang sama tetapi ukurannya berbeda disebut sebangun. Adanya kesebangunan antara dua benda akan berguna untuk mengungkapkan informasi berkaitan dengan benda kedua dengan memanfaatkan informasi pada benda pertama atau sebaliknya.
Dalam kehidupan sehari-hari, kita dapat menemukan bentuk-bentuk bangun datar dalam sebuah bangunan rumah. Misalnya jendela dan pintu berbentuk persegi panjang, lubang ventilasi berbentuk segitiga, dan ubin lantai berbentuk persegi.
    B.     Rumusan Masalah
1.      Bagaimana penerapan kesebangunan bangun datar dalam kehidupan sehari-hari ?
2.      Bagaimana penerapan kesebangunan segitiga dalam kehidupan sehari-hari ?
   C.       Tujuan
1.      Untuk mengetahui penerapan kesebangunan bangun datar dalam kehidupan sehari-hari.
2.      Untuk mengetahui penerapan kesebangunan segitiga dalam kehidupan sehari-hari.



BAB II
PEMBAHASAN

Penerapan kesebangunan dalam kehidupan sehari-hari
Penerapan kesebangunan dalam kehidupan sehari-hari di antaranya adalah untuk penentuan jarak atau tinggi secara tidak langsung. Benda dapat dikatakan sebangun jika sudut-sudut yang bersesuaian besarnya sama dan sisi-sisi yang bersesuaian memiliki perbandingan yang sama. Konsep dan sifat-sifat kesebangunan dapat digunakan untuk menyelesaikan masalah-masalah atau soal cerita yang berkaitan dengan kesebangunan. Untuk menyelesaikan soal cerita dapat dibantu dengan membuat sketsa atau gambar. Berikut ada penerapan kesebangunan pada bangun datar dan segitiga dalam kehidupan sehari-hari.

    A.  Penerapan kesebangunan bangun datar dalam kehidupan sehari-hari
1)      Foto di bingkai dengan ukuran 60 cm x 45 cm. Jarak dari tepi kiri dan kanan bingkai 2 cm. Tentukan :
a.       Tentukan ukuran foto !
b.      Berapa jarak tepi atas bingkai dengan tepi atas foto ?



             Penyelesaian :
             Diketahui :
                       Ukuran bingkai                = 60 cm x 45 cm
                       Panjang bingkai                = 60 cm
                       Lebar bingkai                   = 45 cm
                       Jarak tepi kanan dan kiri  = 2 cm
            Ditanya :
                    a.       Ukuran foto ?
                    b.      Jarak tepi atas bingkai dengan tepi atas foto ?
            Jawab :
                   a.       Panjang foto   = Panjang bingkai – (tepi kanan + tepi kiri)
                   Panjang foto   = 60 cm – (2 cm + 2 cm)
                                          = 60 cm – 4 cm
                                          = 56 cm
                   panjang foto             lebar foto
                   ____________  =  _________
                   panjang bingkai       lebar bingkai

                   56 cm            lebar foto
                   _____     =   ___________
                   60 cm            lebar bingkai

                                       56 cm x 45 cm
                lebar foto  =   ____________
                                             60 cm

                                          2520 cm
                lebar foto   =   ________
                                            60 cm

                lebar foto            =   42 cm

                         Jadi, ukuran foto tersebut adalah 56 cm x 42 cm
                     b.      Jarak tepi atas bingkai           = (lebar bingkai – lebar foto) : 2
                    = (45 cm – 42 cm) : 2
                    = 3 cm : 2
                    = 1,5 cm
                        Jadi, jarak tepi atas bingkai dengan tepi atas foto adalah  1,5 cm
2)      Tinggi pintu dan lebar rumah pada suatu maket (model rumah) berturut-turut adalah 8 cm dan 40 cm. Jika tinggi pintu sebenarnya adalah 2 m, hitunglah lebar rumah sebenarnya ! 
        Penyelesaian :
        Diketahui :
                 Tinggi pintu pada model  = 8 cm
                 Lebar rumah pada model = 40 cm
                 Tinggi pintu sebenarnya   = 2 m
                                                           = 200 cm
                 Lebar rumah sebenarnya  = x cm
       Ditanya :
                 Berapa lebar rumah sebenarnya ?
       Jawab :
                    tinggi pintu pada model       lebar rumah pada model
                    ___________________   =  ___________________
                    tinggi pintu sebenarnya        lebar rumah sebenarnya

                                                       8        40
                                                     ___  =  __
                                                     200       x
       8 x = 200 x 40
       8 x = 8000
          x = 1000
Jadi, lebar rumah sebenarnya adalah 1000 cm = 10 m

     B.   Penerapan kesebangunan segitiga dalam kehidupan sehari-hari
1)      Pada siang hari yang cerah, satu regu pramuka mendapat tugas menghitung tinggi sebuah tiang tanpa harus memanjat. Mula-mula diambil sebatang tongkat yang panjangnya 160 cm, kemudian tongkat tersebut di dirikan tegak lurus di atas tanah rata. Anggota pramuka yang lain menghitung panjang bayangan tiang dan panjang bayangan tongkat. Ternyata, panjang bayangan tiang 375 cm dan panjang bayangan tongkat 80 cm. Tentukan tinggi tiang !

       Penyelesaian :
Tinggi tiang h, dan bayangannya 375 cm, sedangkan tinggi tongkat 160 cm dan bayangannya 80 cm. karena keedua segitiga di atas adalah sebangun, sisi bersesuaian sebanding, maka diperoleh :

                 h                375 cm
              ______   =   _______
             160 cm          80 cm

                                   160 cm x 375 cm
                h           =   _______________
                                          80 cm

                                   60.000 cm
                h           =   _________
                                       80 cm

                h           =   750 cm 

Jadi, tinggi tiang adalah 750 cm.
2)  Seorang pemuda yang tingginya 170 cm berdiri di samping pohon yang mempunyai bayangan 5 m. Jika panjang bayangan pemuda itu 2 m, berapa tinggi pohon sebenarnya?


       Penyelesaian :
       Diketahui :
                    Tinggi pemuda                  = 170 cm = 1,7 m
                    Bayangan pohon               = 5 m
                    Bayangan pemuda            = 2 m
       Ditanya :
                    Tinggi pohon ?
       Jawab :
                                 t            5 m
                              ____   =   ___
                               1,7 m       2 m

                                 1,7 m x 5 m
                    t       =   __________
                                         2 m
                    t       =   4,25 m
   
Jadi, tinggi pohon sebenarnya 4,25 m.


BAB III
PENUTUP

Kesimpulan
Suatu benda dikatakan sebangun jika sudut-sudut yang bersesuaian besarnya sama dan sisi-sisi yang bersesuaian memiliki perbandingan yang sama. Penerapannya banyak kita temukan dalam kehidupan sehari-hari, seperti mengukur tinggi tersebut. Kita dapat mengukurnya dengan cara membandingkan dengan tongkat. Selain itu mengukur jarak suatu benda. Dalam kehidupan sehari-hari, kita juga banyak menemukan bentuk-bentuk bangun datar dalam sebuah bangunan rumah. Misalnya jendela dan pintu berbentuk persegi panjang, lubang ventilasi berbentuk segitiga, dan ubin lantai berbentuk persegi.


DAFTAR PUSTAKA
Adinawan, M. Cholik, Sugijono. Seribu Pena Matematika Jilid 3 untuk SMP Kelas IX. Jakarta: Erlangga, 2008.
Lapis PGMI Matematika 3.
Riduan dkk. Modul Bahan Ajar Matematika kelas 9. Ponorogo: Anugerah Agung, 2014.
http://workshopmathematics.blogspot.com/2012/12/bab-1-kesebangunan-dan-kekongruenan.html.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar